jajanan Yogyakarta

Nah, kali ini kami mau berbagi cerita sedikit nih tentang jajanan tradisional unik Yogyakarta, apa ajah ya, Penasaran? Ini dia list-nya, dijamin bikin kamu pengen beli karena rasanya enak dan unik. Disimak ya!
1. Yangko 

Sebenarnya nama Yangko ini sangat mewakili Kota Gede karena Yangko sendiri berawal Kiyangko singkatan dari (ki Tiyang Kota Gedhe, artinya Ini Orang Kota Gede. Yangko terbuat dari ketan yang dikukus dan mempunyai makna mempererat persaudaraan seperti tekstur dari ketan yang cenderung lengket.
2.  getuk
11 Jajanan Tradisional Unik Khas Kota Gede Yogyakartajajananpasarmelme.sg
Jika kamu berkunjung ke daerah-daerah di luar Yogyakarta kamu juga akan menemui gethuk ini. Sekarang gethuk bentuknya sangat bervariasi dan beraneka warna. Di Kota Gede sendiri gethuk dibuat dari singkong dihancurkan dan dibentuk kotak sehingga mudah untuk memotongnya. Rasa gethuk ini manis dan cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

3. Krasikan.

11 Jajanan Tradisional Unik Khas Kota Gede Yogyakartajogjestour.com
Jajan pasar ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan tepung ketan dan gula jawa. Krasikan ini juga dibentuk potongan kotak seperti gethuk tetapi berwarna coklat. Rasa krasikan ini sangat menggoda terutama kelezatan dari campuran tepung dan beras ketan yang disangrai dengan gula Jawa.

4. Wajik.

11 Jajanan Tradisional Unik Khas Kota Gede Yogyakartakanaljogja.com
Wajik juga ditemui di beberapa daerah di luar kota Yogyakarta. Bahan utamanya juga sama yaitu beras ketan yang dicampur dengan santan dan gula Jawa. Wajik mempunyai rasa yang unik antara gurih dan manis yang bersatu didalamnya. Tekstur dari wajik mengkilat dan biasanya dibentuk kotak.

5. Kue lumpur.

11 Jajanan Tradisional Unik Khas Kota Gede Yogyakartafoody.id
Kue ini sangat unik dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta kamu dapat merasakan harumnya vanili pada kue lumpur. Makanan ini disebut kue lumpur karena teksturnya yang halus dan lembut. Banyak yang suka dengan kue lumpur ini jadi kalian yang belum mencoba wajib mencari tahu rasanya ya.

6. Jadah manten.

11 Jajanan Tradisional Unik Khas Kota Gede Yogyakartayoutube.com
Ini adalah salah satu makanan atau jajanan tradisional yang unik dan paling favorit yang ada di Kota Gede Yogyakarta. Bentuk dari jadah manten sangat unik dan rasanya enak karena terbuat dari ketan dengan isian daging ayam gurih. Jadah ini tambah enak karena dibakar dan kamu dapat menikmatinya dengan secangkir teh panas atau kopi hitam.

itulah jajanan unik di Yogyakarta,jika anda akan berkunjung ke Yogyakarta maka anda wajib mencoba jajanana ini.
Demikian artikel dari kami.
Terima kasih:))

Tidak ada komentar