Makanan pengganti nasi yang khas dari Yogyakarta

1. Gudeg

Photo by beritainfo.web.id
Photo by beritainfo.web.id
Gudeng memiliki tiga jenis yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Nah, bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh buat orang yang anda cintai, anda bisa membeli Gudeg Kering, karena gudeg kering bisa bertahan lama. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini anda tidak perlu bingung, karena cabang penjual Gudeg di Jogja ini sangatlah banyak.

2. Krecek

Photo by http://resepdanmasakan.com
Photo by http://resepdanmasakan.com
Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Sambal krecek biasanya disajikan dengan gudeg yang memiliki rasa yang manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika dipadukan dengan sambal krecek. Sambal krecek sendiri memiliki rasa yang enak yaitu pedas dan gurih.

3. Bakpia Pathuk

Photo by tokopedia.net
Photo by tokopedia.net
Bakpia adalah oleh-oleh khas Yogyakarta. Yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit, dan terbuat dari tepung kemudian dipangggang nikmat di mulut. Tekstur kue yang krispi di luar dan lembut di dalam ini akan memanjakan selera anda. Saat ini juga tersedia bakpia dengan isi yang berbeda, seperti durian, cokelat, keju dan masih banyak lagi. Hal ini untuk meyesuaikan dengan selera masing-masing pembeli agar lebih puas dengan rasa yang kalian suka.

4. Yangko

Photo by resepseharihari.com
Photo by resepseharihari.com
Yangko merupakan makanan atau jajanan khas Yogyakarta. Makanan ini dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi. Yangko memiliki bentuk yang khas dan belum berubah sejak pertama kali dibuat, yaitu kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Rasanya manis dan sedikit gurih, karena terdapat taburan tepung khas yang selalu melekat menjadi ciri khas kue Yangko ini.

5. Oseng-Oseng Mercon

Photo by sewamobiljogja.org
Photo by sewamobiljogja.org
Mendengar namanya saja mungkin sudah terbayang kengerian rasa dari kuliner satu ini. Ya benar sekali, kuliner satu ini memang memiliki rasa yang sangat ngeri yakni rasa pedas. Bisa dikatakan oseng mercon ini termasuk ke dalam menu makanan spesial bagi pecinta kuliner pedas.

Tidak ada komentar