5 Jajanan Pasar Khas Yogyakarta

Hari gini siapa yang gak suka jajanan pasar sihh? kalau sekali dengar jajanan pasar, pasti ingatan langsung menuju ke kota-kota tua yang tradisional seperti Yogyakarta,bukan?
Nah, disini kami akan membagikan sedikit macam-macam jajanan pasar yang unik dari Yogyakarta nihh,apa aja yaa? yuk simak 5 jajanan pasar yang wajib anda coba :





1. Emping mlinjo
Emping mlinjo merupakan jajanan yang terbuat dari buah pohon mlinjo. Camilan ini ditumbuk tipis-tipis yang membuat orang yang makan nggak cepat pegal. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi emping melinjo ini,karena bisa mengakibatkan asam urat.



2. Kipo
Kipo merupakan jajanan yang unik dari Kota Gede,Yogyakarta. selain bentuknya yang unik,rasa dari makanan ini juga unik lohh...Nama nya kipo berasal dari cerita Sultan Agung di sajikan makanan dari tepung beras berisi parutan gula jawa. Berdasarkan cerita, pada pagi hari ada yang bertanya "iki opo?"(ini apa). lalu makanan ini mendapat julukan kipo singkatan dari iki opo?.


3. Lego moro
Lego moro merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan. Makanan ini terasa unik karena di bungkus menggunakan daun pisang dan diikat tali bambu. Jajanan ini biasanya digunakan untuk upacara pernikahan. Satu ikat bambu berisi 4 lego moro yang bisanya dibawa oleh pihak laki-laki. Lego moro artinya "hatine lego le moro yo lego"(yang datang membawa keridhoan dan yang di datangi juga mendapat keridhoan).


4. Roti kembang waru
Jajanan ini merupakan jajanan yang mewah pada zaman dulu. Bentuknya harus menyerupai bunga berkelopak 8 yang artinya hasto broto (delapan jalan utama).  Delapan elemen tersebut diantaranya : matahari,bulan,bintang,tirta(air),tanah,angin,samudra,dan awan. Harapannya steelah makan kue kembang waru ini orang bisa mengamalkan 8 jalan utama itu. 


5. Ukel dan Banjar
Ukel dan Banjar merupakan jajanan dari KotaGede,Yogyakarta. Makanan ini sama,tetapi yang membedakan adalah cara finishing. Ukel adalah cara finishing yang telah di beri gula halus. Sedangkan Banjar sebelum di beri finishing gula halus. Kue renyah dan empuk ini terbuat dari tepung terigu dan telur sebagai bahan utamanya. 



Itulah 5 jajanan dari Yogyakarta yang wajib anda coba bila berkunjung ke Yogyakarta.
Jajanan ini biasanya di temukan di pasar-pasar Yogyakarta. 
Sekian artikel dari kami
TERIMAKASIH:))


Tidak ada komentar