7 makanan khas yogyakarta dan penjelasannya

Yogyakarta adalah satu-satunya provinsi yang mendapat gelar Daerah Istimewa. Keindahan alamnya yang terkenal,yang menjadi kota kedua setelah Bali menjadi tempat tujuan para wisatawan. Akibat dari berdatangannya para wisatawan, Yogyakarta memanfaatkannya dengan megenalkan makanan tradisional yang patut untuk dicoba.







berikut ada 7 makanan hkas Yogyakarta dan penjelasannya:

1. Gudeg
Siapa yang tak pernah mencicipi makanan ini setibanya di Yogyakarta? Gudeg merupakan makanan Khas Yogyakarta yang sangat terkenal di Indonesia. Gudeg sendiri adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang di masak menggunakan santan. Biasanya makanan ini mengguanakn pelengkap seperti nasi,ayam,tahu dan telur.

2. Sate Khlatak
Sate Khlatak merupakan makanan Khas dari Yogyakarta yang sangat unik. Keunikan dai makanan ini adalah proses penghidangan dan proses memasaknya. Sate Khlatak merupakan sate yang ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda dan hanya garam saja yang menjadi bumbunya. Garam ditaburkan pada saat proses pembakaran sehingga menimbulkan suara kemletak. Itulah sebabnya makanan ini di sebut sate khlatak. 

3. Sup kembang waru
Sup kembang waru merupakan makanan yang sulit ditemukan di Yogyakarta. Biasanya sup ini bisa di jumpai pada saat hajatan atau pernikahan orang Jogja. Jika anda penasaran dengan makanan yang satu ini anda bisa berkunjung ke pasar Beringharjo. Disana ada food court yang menjajakkan makanan ini.

4. Tempe benguk 
Tempe benguk merupakan tempe yang sangat berbeda dengan tempe-tempe lainya. tempe ini bukan terbuat dari biji kedelai, namun terbuat dari biji benguk. Tempe benguk dibuat mengguakan santan dan bahan bumbu khusus yang menjadikan makanan yang satu ini gurih dan lezat. 

5. Oseng-oseng mercon
Oseng-oseng mercon merupakan masakan tumis tetelan sapi. Tetelan sapi tersebut di masak bersama cabai dan menggunakan beberapa bumbu yang membuat sensasi warna merah dan rasa yang pedas. Jika anda adalah orang yang suka makanan pedas, anda mungkin bisa mencicipi makanan yang satu ini karena menimbulkan sensasi rasa pedas yang pekat dan kuat. 

6. Angkringan
Angkringan sebenarnya bukan makanan,tetapi tempat sejenis penjual makanan khas ala Yogyakarta ini. Angkringan biasanya sering di jumpai pada malam hari. Angkringan dapat anda temui di berbagai sudut di Yogyakarta. 

7. Sego pecel
Sego pecel atau nasi pecel merupakan makanan yang terbuat dari berbagai sayuran seperti kangkung,bayam,kacang panjang,tauge,daun pepaya,dan disiram menggunakan bumbu pecel. Selain itu ada juga pelengkap makanan ini seperti tahu,tempe,kerupuk,telur ceplok dan masih banyak lagi. Di Yogyakarta banyak restoran yang menyediakan list menu Sego pecel ini.

Itulah 7 makanan yang khas yang wajib di cicicpi di Yogyakarta.
Demikian artikel dari kami 
terima kasih :))

Tidak ada komentar