Oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib dibeli

Yogyakarta terkenal dengan makanan khasnya. Tak afdhol bila tidak membawa buah tangan untuk saudara,teman,ataupun tetangga bila sudah berkunjung ke Yogyakarta. Berikut adalah makanan khas Yogyakarta yang bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga :

1. Cilok Gajahan


Photo by Tribunnews.com
Photo by Tribunnews.com

Cilok merupakan jajanan dari tepung tapioka yang berasal dari Jawa Barat. Di dalamnya biasanya terdapat daging cincang yang membuatnya terasa kenyal-kenyal gurih. Saking banyaknya peminat cemilan yang satu ini, cilok bisa ditemukan di kota mana saja. Di setiap daerah, pasti memiliki cilok andalan yang bikin kangen kalau lama-lama absen membelinya. Nama cilok gajahan di populerkan di Jogja

2. Cenil Jogja


Photo by LiburMulu.Com
Photo by LiburMulu.Com

Cenil memang sudah ditakdirkan menjadi makanan khas Pulau Jawa. Karena di beberapa daerah yang ada di pulau tersebut memiliki olahan khas dari tepung ini. Namun, tentunya cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda, baik dari jenis bumbu maupun rasa dan teksturnya. Oleh karena itu, silahkan membandingkan sendiri dengan mencicipi keduanya. Kalau Anda pingin berkuliner saat belibur ke Jogja, Cenil Jogja cocok untuk anda Nikmati.

3. Geplak


Photo by gudeg.net
Photo by gudeg.net

Kue geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Kota Yogyakarta. Kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan makanan yang manis dan enak. Kue geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan tampilan yang begitu warna-warni, sehingga dapat membuat orang penasaran dan tertarik untuk mencicipi makanan ini.

4. Coklat Monggo


Photo by http://katalogkuliner.com
Photo by http://katalogkuliner.com

Coklat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Yogyakarta. Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia mempunyai banyak spot oleh oleh. Seperti bakpia pathuk, Salak pondoh. tetapi ada salah satu spot oleh oleh baru yang ada di Jogja yaitu Coklat Monggo.

5.  BakmiJogja


Photo by bonvoyagejogja.com
Photo by bonvoyagejogja.com

Bakmi Jawa Yogyakarta atau Mi jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak dengan mengunakan racikan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jadi sebenarnya olahan mi Jawa bukan hanya bakmi godhog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah, akan tetapi mia jawa dapat disajikan menjadi mie goreng yang dimasak dengan racikan bumbu yang hampir sama tetapi tidak menggunakan kuah dan disajikan dalam keadaaan kering.
Demikian itulah oleh-oleh yang khas Yogyakarta yang terkenal dan bisa dijadikan cemilan sementara pengganjal perut.
Semoga bermanfaat
Terima kasih:))

Tidak ada komentar